Dengarkan Radio DMS 102,7 FM Ambon dengan Kualitas Audio Terbaik di Maluku

Ambon-Kota Ambon kembali dipercayakan sebagi tuan rumah penyelengaraan Konferensi Musik Indonesia yang akan berlangsung pada 9-12 Oktober 2017.

Konfrensi Musik yang digagas oleh Glend Fredly ini, sebagai upaya mewujudkan Ambon menuju kota musik dunia.

Walikota Ambon Richard Louhenapssy menilai, konferensi musik merupakan kegiatan yang sangat penting dalam proses belajar membangun ekosistem musik di Indonesia.

Louhenapessy menjelaskan, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya telah menyatakan kesediaan mereka untuk hadir pada konfrensi tersebut.

Menurutnya kegiatan ini akan dihadiri para musisi nasional guna membahas masalah musik di Indonesia. Diharapkan agenda ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh para musisi di Ambon.

Untuk mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia, Pemerintah Kota Ambon bersama tim Konsultan BeKraf telah menyiapkan 25 rencana aksi  atau action plan  Ambon menuju kota musik dunia.

Rencana aksi dilakukan setelah melalui beberapa tahapan yakni konsultasi dan diskusi dengan stakeholder, komunitas musisi dan seniman di kota Ambon serta pelaku usaha seni.

Louhenapessy menambahkan, 25 rencana aksi tersebut dituangkan kedalam lima pilar yakni pilar infrastruktur yakni mendirikan "Ambon Music office", regulasi produk rekaman, integrasi kota, provinsi dan pemerintah pusat, penyediaan venue dan sound system untuk musisi pemula, regulasi live music di hotel,kafe dan restoran serta akses masyarakat ke venue musik.

Ia melanjutkan, untuk menuju ke rencana aksi tersebut setidaknya ada tiga tahapan perencanaan/road map yakni identifikasi dan optimalisasi, kolaborasi dan pengembangan serta pemeliharaan menuju proses submit aplikasi ke Unesco.

Louhenapessy berharap rencana aksi ini mendapat dukungan dari berbagai pihak, sehingga upaya untuk mewujudkan Ambon sebagai kota musik dunia dapat berjalan dengan baik.DSM

DMS TWITTER

DMS Fan Page