Dengarkan Radio DMS 102,7 FM Ambon dengan Kualitas Audio Terbaik di Maluku

Ambon-PT Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon menyatakan telah menyiapkan sarana angkutan mudik lebaran 1438 Hijriah yang lebih memadai agar bisa memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat.

General Manager PT ASDP Cabang Ambon Julianto mengatakan, Layanan ASDP Cabang Ambon hanya mencakup wilayah Pulau Ambon, Seram, Pulau Buru, Haruku, serta Pulau Nusalaut, sedangkan untuk wilayah Maluku Tenggara dan sekitarnya masuk layanan PT. ASDP Cabang Kota Tual.

Menurut dia, untuk lintasan Hunimua-Waipirit telah disiapkan empat kapal feri, sama seperti lebaran tahun lalu.

Kemudian lintasan Galala (Ambon) - Namlea, Kabupaten Buru ada dua kapal feri, Waai-Haruku-Saparua-Nalahia (Nusalaut) hingga Amahai. Dengan  kolaborasi bersama diharapkan pelayanan pada empat pulau ini semakin lebih baik jelang mudik lebaran.

Julianto mengatakan, prediksi ASDP Cabang Ambon untuk tahun ini kemungkinan terjadi peningkatan penumpang sebesar 12 persen dari tahun kemarin karena dari sisi liburan bersama secara nasional.

Kemudian prediksi lonjakan arus mudik terjadi pada H-6 dan H-7, biasanya di sore hari ada perkiraan lonjakan arus penumpang dari Pulau Seram balik ke Ambon.

Kesiapan khusus di pelabuhan Hunimua-Waipirit tiga lintasan lainnya, waktu untuk menambah kapasitas muat sangat besar, karena operasional normal di Hunimua-Waipirit mulai pukul 05.30 WIT hingga 22.00 WIT, mengingat pengalaman setiap tahun arus mudik dapat diselesaikan sampai pukul 22.00 WIT dan mudah-mudahan tahun ini juga sama.

Sama halnya dengan kesiapan fasilitas dan akomodasi, ASDP selalu mengevaluasi kendala-kendala tahun sebelumnya, dan fasilitas di kapal seperti ruang penumpang ekonomi hingga VIP dilakukan rehab, mengganti tempat duduk yang sudah tidak layak termasuk toilet, musala, kebersihan dan keamanan kapal.

Sehingga ASDP juga telah menambah jumlah tenaga sekuriti dan petugas kebersihan di kapal serta ruang tunggu pelabuhan.

Jelang Lebaran 1438 Hijriah Angkutan Sungai Danau Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon menyiapkan sembilan kapal ferry untuk melayani arus mudik penumpang antar pulau di Maluku.

Empat kapal tersebut yakni KMP Terubuk, KMP Tanjung Kuako, KMP Roka Tenda dan KMP Inalika.

Untuk lintasan pelabuhan Galala Kota Ambon - pelabuhan Namrole, Kabupaten Buru Selatan (Bursel) disiagakan KMP Dolosi. Lintasan ini baru dioperasikan sejak April 2017.

 

Sedangkan lintasan Galala - Namlea dilayani KMP Temi dan KMP Wayangan,lintas Namlea–Kayeli KMP Danau Rana, lintas Waai-Uniputi-Nalahia-Amahai dilayani KMP Samandar, sedangkan untuk menghubungi pulau Seram dan pulau Saparua, dilayani KMP Layur.

Ia menambahkan, kapal-kapal  yang disiapkan tersebut, selain mengangkut penumpang, juga mengangkut kebutuhan pokok masyarakat terutama untuk memenuhi kebutuhan selama bulan Ramadan maupun pada Hari Raya Idul Fitri 1438 Hijriah nanti.

Pihak ASDP juga, kata Burhan,mengawasi secara ketat praktek pungutan liar dan para calo di pelabuhan,bagi para calon penumpang maupun penumpang menjadi korban praktek pungutan liar, untuk melaporkan kepada pihak manajemen ASDP dengan data-data yang lengkap, dan jika terbukti ada petugas yang terlibat pungli maka pihaknya tdak segan-segan untuk melakukan pemecatan.

Selain itu juga guna memberikan rasa aman bagi para penumpang, jika ada aksi pencurian, ASDP juga memasang CCTv, pada semua ruangan penumpang kelas ekonomi dan VIP, yang dipantau langsung oleh nahkoda secara rutin, keadan masing-masing ruangan penumpang.DMS

 

 

DMS TWITTER

DMS Fan Page