Dengarkan Radio DMS 102,7 FM Ambon dengan Kualitas Audio Terbaik di Maluku

Reza Rahadian bisa dikatakan merupakan salah satu aktor berpretasi di Indonesia saat ini. Setelah beberapa kali memperoleh Piala Citra, tahun ini dia berhasil membawa pulang dua penghargaan Indonesian Movie Actor Awards (IMAA).

Di ajang tersebut, Reza mengalahkan para pesaing dalam kategori Pemeran Utama Pria Terbaik dan Pemeran Utama Pria Terfavorit melalui perannya sebagai Bossman dari film My Stupid Boss.

Bossman memang merupakan salah satu karakter paling fenomenal yang pernah diperankan oleh Reza. Dirinya pun mengakui kalau karakternya itu sangat berisiko dan berbeda dengan peran-peran dia di film lain.

“My Stupid Boss itu ada istilahnya, kalau di dunia keaktoran. Ini risiko terbesar bagi aktor karena secara karakter serta penampilan sangat berbeda dari peran yang saya mainkan sebelumnya,” kata Reza dikutip Kompas.com, Senin (23/5/2016).

Dalam segi penampilan, dia harus bertransformasi besar-besaran untuk menampilkan sosok Bossman. Reza sampai rela menaikkan berat badan hingga tujuh kilogram dan harus berdandan selama dua jam sebelum pengambilan gambar.

“Dua jam sendiri dan ada sejam buat hapus make up. Badan ada tambahan gendut dari perut dan paha. Makanya AC harus ada dua, khusus buat saya, enggak boleh berkeringat soalnya," ujarnya, seperti dikutip Kompas.com pada Rabu (4/5/2016).

Namun, pada akhirnya kerja keras yang Reza lakukan dalam mendalami peran tersebut membuahkan hasil manis. Selain dua penghargaan IMAA 2017,  ia juga berhasil memperoleh Piala Citra untuk Pemeran Utama Pria Terbaik di ajang FFI 2016.

Sosok Presiden berwibawa

Selain kerja keras, faktor lain yang membuat Reza terus menoreh prestasi dalam kariernya adalah kemampuan memerankan karakter yang berbeda-beda. Bahkan, perannya dalam satu film dengan film yang lain bisa sangat kontras berlawanan.

Karakter fenomenal lain yang juga pernah diperankan oleh Reza adalah Presiden Republik Indonesia (RI) ketiga, BJ Habibie dalam film Habibie & Ainun dan Rudy Habibie. Berlawanan dengan sosok Bossman yang menyebalkan dan sering marah-marah kepada karyawannya, Habibie merupakan seorang pemimpin yang serius dan berwibawa.

Dalam kedua film tersebut, Reza berhasil merepresentasikan sosok Habibie dengan baik. Dia mampu menonjolkan ciri khas insinyur konstruksi pesawat terbang itu, mulai dari gaya bicara hingga bahasa tubuhnya.

Dalam menyelami tokoh yang hendak diperankannya, Reza memang tak main-main. Sebelum syuting, dia mengaku banyak belajar langsung dari Habibie asli.

“Interpretasi saya enggak boleh salah, saya banyak ngobrol sama Eyang (Habibie) untuk bisa mendalami tokoh ini lagi,” ujar Reza, seperti dikutip Kompas.com, Minggu (26/6/2016).

Tak hanya itu, dia juga rajin belajar bahasa Jerman agar bisa memerankan Habibie muda secara maksimal. Sebelum film Habibie & Ainun, Reza mengikuti tiga kali kursus selama 1,5 jam. Sementara itu, untuk Rudy Habibie, dia berguru pada pemain lain yang berdarah Jerman-Indonesia.

 “Porsi dialog berbahasa Jerman di film Rudy Habibie lebih banyak dari film pertama. Jadi, saya harus belajar lebih sering lagi,” ucap Reza, seperti dikutip Kompas.com, Sabtu (25/6/2016).

Lagi-lagi, kerja kerasnya tak sia-sia. Reza berhasil memenangkan penghargaan Festival Film Indonesia (FFI) 2013 sebagai Pemeran Utama Pria Terbaik dan Indonesian Movie Awards 2013 sebagai Pemeran Utama Pria Terfavorit. Dia pun terpilih kembali memerankan Habibie di film Habibie & Ainun 3 yang mulai diproduksi tahun ini.

Selain menyabet beberapa penghargaan, keseriusan Reza dalam bekerja juga membukakan pintu rezekinya di ranah yang lain. Sudah sekitar satu tahun belakangan ini, dia dipercaya menjadi brand ambassador ponsel Oppo.

Lebih dari itu, kini diluncurkan pula ponsel bertemakan dirinya, yaitu Oppo F3 Reza Rahadian Limited Edition. Dengan menggunakan handphone tersebut, fans Reza bisa melakukan group selfie dengan lebih mudah dan praktis berkat fitur double view group selfie camera.

Reza Rahadian group selfie dengan Brand Manager Oppo Indonesia, Alinna Wen Xin, Media Engagement Oppo Indoesia, Aryo Meidianto, dan para fans(Dok OPPO Indonesia)

Selain itu, handphone tersebut memiliki desain berwarna hitam klasik dan bahan metal unibody, sehingga terlihat elegan untuk dibawa ke mana pun.

Tak hanya ponsel bertanda tangan Reza, para PilaRez—sebutan untuk penggemar Reza Rahadian—yang mengikuti pre-order mulai 9 Juni hingga 16 Juni 2017, juga akan mendapat exclusive gift. Nah, penasaran seperti apa ponsel edisi khusus versi aktor berprestasi dan serba bisa tersebut?

DMS TWITTER

DMS Fan Page