Dengarkan Radio DMS 102,7 FM Ambon dengan Kualitas Audio Terbaik di Maluku

Liburan telah tiba, dan ini berarti akan semakin banyak foto diri alias selfie beredar di dunia maya. Masalahnya, karena begitu banyak foto, kita acap kali kesulitan memilih foto mana yang akan kita pasang di akun instagram atau facebook kita.

Untunglah sebuah penelitian terbaru di Jerman yang dipublikasikan di Frontiers in Psychology menemukan cara jitu untuk mendapatkan hasil selfie terbaik, sekaligus terburuk, yang bisa dilakukan.

Dalam study itu para peneliti meminta 172 orang untuk menilai 14 foto tiga dimensi yang diambil dari sudut berbeda, yakni dari atas, bawah, sisi kanan, sisi kiri dengan sudut berbeda, serta dari depan. Mereka diminta memberi nilai tentang seberapa menariknya foto-foto tersebut.

Biasanya saat difoto, secara naluri kita akan melihat lurus ke kamera. Namun ternyata pose demikian tidak menambah nilai penampilan kita. Menurut study itu, pose yang dianggap paling menarik adalah pose menoleh ke kanan sekitar 15 derajat, yang memperlihatkan bagian kiri wajah kita.

Sedangkan wajah yang menoleh sekitar 30 derajat ke kiri, memperlihatkan bagian kanan muka, dinilai lebih simpatik dan cerdas.

Dalam study selanjutnya, para peneliti meminta 67 orang menilai wajah yang sama, namun foto itu merupakan foto selfie yang diambil menggunakan sudut berbeda.

Sudut selfie 30 derajat baik ke kiri atau ke kanan ternyata mendapat nilai tertinggi, terutama bila yang dinilai adalah wajah pria. Pose yang memperlihatkan bagian kiri wajah juga dianggap sedikit lebih menarik dibanding yang memperlihatkan bagian kanan wajah.

Nah cara terbaik mengambil pose itu adalah dengan mengangkat kamera dan mengambil gambar dari sisi kiri. Foto yang diambil dengan kamera terangkat dan berada di sisi kiri dinilai sebagai foto paling menarik. Bila dalam foto itu juga terlihat sebagian sisi kanan wajah karena kamera diangkat, maka fotonya dianggap makin menarik.

Para peneliti sendiri tidak tahu mengapa pola seperti ini yang muncul. Namun riset lain menyebutkan bahwa kita bisa lebih membaca emosi seseorang lewat sisi kiri wajahnya.

Jika pada liburan ini Anda berniat memasang foto-foto dalam akun media sosial Anda, pastikan mengambilnya dari sudut yang benar. Angkat ponsel setinggi wajah, geser ke kiri atau kanan, lalu ambil foto.

Para peneliti juga menyarankan agar menghindari pandangan lurus ke depan kamera, karena foto itu dianggap paling tidak mengesankan.

DMS TWITTER

DMS Fan Page