Dengarkan Radio DMS 102,7 FM Ambon dengan Kualitas Audio Terbaik di Maluku

Wanita seperti apakah yang cantik menurut Anda? Bila ditanya demikian, kebanyakan pria akan menyebut kondisi fisik, seperti kulit bersih, tubuh langsing, hidung mancung, atau mata lentik. Jarang yang mengatakan wanita cantik itu adalah yang ramah atau cerdas.

Sebuah riset dilaksanakan pada awal bulan Mei 2017 lalu oleh lembaga riset pemasaran Sigma Research membenarkan hal itu. Dalam riset yang melibatkan 1200 responden, diketahui bahwa kebanyakan orang mendefinisikan kecantikan sebagai tampilan fisik.

Dalam risetnya Sigma Research membagi tiga kategori penilaian untuk definisi kecantikan yaitu beauty, brain dan behaviour. Beauty merupakan penilaian secara fisik, brain adalah penilaian berdasarkan kemampuan intelektual, dan behaviour adalah definisi kecantikan melalui penilaian perilaku.

Dari wawancara terhadap 1200 orang, lebih dari 40% mendefiniskan kecantikan berdasarkan kondisi fisik. Hanya 14, 8% yang mendefinisikan kecantikan berdasarkan kepribadian yang menarik, sedangkan yang menganggap perilaku ramah sebagai cantik hanya 9,5%.

Sementara kemampuan intelektual sepertinya tidak terlalu dianggap sebagai salah satu sifat yang menetukan definisi cantik, karena yang menganggap orang cerdas sebagai orang cantik hanya 6,1%.

Menurut Direktur Sigma Research Nurjannah Andi Lemmung temuan ini wajar mengingat kesan pertama yang ditangkap oleh otak adalah tampilan fisik.

“Kesan pertama itu akan mendefinisikan kecantikan, disusul oleh perilaku ketika seseorang mengenalnya, dan baru tahap akhirnya adalah prestasi atau kemampuan intelektualnya,” katanya dalam siaran pers yang diterima Rabu (14/6/2017).

Nurjannah juga menyebutkan bahwa kategori fisik utama untuk kecantikan adalah kesehatan kulit. Banyak responden yang mendefinisikan kecantikan berdasarkan kualitas kulit seorang wanita.

Sebanyak 41,8% responden sepakat bahwa wanita dengan kulit putih bersih adalah wanita cantik dan 43,1% menyebutkan bebas masalah kulit seperti jerawat dan noda hitam adalah bagian utama dari kecantikan seorang wanita. Selanjutnya disusul dengan kategori lainnya seperti hidung mancung 5,5% dan bentuk tubuh langsing di angka 4,3%.

Nurjannah juga menandaskan bahwa persepsi masyarakat seputar kulit putih dan bersih sebagai barometer kecantikan wanita tidak lepas dari iklan produk-produk kosmetik yang mengajak wanita secara tidak langsung untuk mendapatkan kulit putih agar terlihat lebih cantik.

Riset ini dilakukan pada awal bulan Mei 2017 lalu di 11 kota besar di Indonesia yang meliputi Medan, Jabodetabek, Bandung, Semarang, Surabaya, Denpasar dan Makassar. Riset dilakukan terhadap koresponden wanita dengan rentan usia 15-55 tahun.

Segmen usia dalam riset ini dibagi menjadi tiga kategori, yakni dengan rentang usia 15-25, 26-35 dan 36-55 tahun. Hampir semua usia mempunyai jawaban yang sama.

 

 

 

 

DMS TWITTER

DMS Fan Page